Prestasi Gemilang di Awal Tahun 2016

Walau terletak jauh dari hiruk pikuk dan keramaian, ternyata SD Negeri Banyubiru 1 mampu mencatat prestasi yang membanggakan di antara Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah  di wilayah Kecamatan Dukun.
“Semua ini tidak terlepas dari anugrah Allah swt dan didukung dengan kerjasama antara guru, siswa dan komite sekolah,” kata Bapak Wiratno, guru Agama SD Negeri Banyubiru 1.
Dalam seleksi POPDA 2016 tingkat Kecamatan Dukun, SD Negeri Banyubiru menjadi juara 1 untuk cabang sepak bola yang dilatih oleh Bapak Nuryanto Hari Suseno, karyawan SD Negeri Banyubiru 1 yang juga mengantongi sertifikat pelatih sepakbola dari PSSI. 
Cabang catur yang dilatih Ibu Surat Wakingah, Guru Penjaskes, juga meraih juara 1 atas nama Risky Alfaridzi, siswa kelas 5 A. Cabang atletik juga meraih juara 1, atas nama Naya Andzalna Nurshafa dan Duwik Setiyatno. Sementara Muhammad Farhan Hiban, siswa kelas 5A meraih Juara 3 cabang bulu tangkis dan juara harapan 1 cabang tenis meja. Rizky Nanda Saputra, siswa kelas 4 juga meraih juara 3 cabang tenis meja.

Dalam kegiatan Pesta Siaga SD/MI tingkat Kwarran Dukun, yang diselenggarakan di Kompleks TK Pertiwi Banyubiru, Balai Desa Banyubiru dan SD Negeri Banyubiru 1, pada tanggal 13 Februari 2016, Barung Merah SD Negeri Banyubiru 1 menjadi juara harapan 1. Sedangkan Barung Hijau SD Negeri Banyubiru 1 berhasil menjadi juara 1 (Barung Tergiat 1), dan mendapat kepercayaan untuk mewakili Kwaran Dukun dalam Pesta Siaga 2016 Tingkat Kwarcab Kabupaten Magelang di Komplek Setda Kabupaten Magelang.
Ketika mengikuti LPMPK tingkat Kecamatan Dukun, Tim LCC SD Negei Banyubiru 1 berhasil menjadi juara 1 cabang cerdas cermat. Tim ini beranggotakan tiga siswa kelas 5 B, yaitu Rita Ruwyastuti, Riesa Zaulina El Umam, dan Alfin Hendra Firmansyah.
Prestasi yang tidak kalah membanggakan adalah dalam ajang FLS2N yang diselenggarakan di Kompleks Balai Desa Banyubiru dan SD Negeri Banyubiru 1, pada tanggal 31 Maret 2016. Dari 10 cabang yang dilombakan, Tim FLS2N SD Negeri Banyubiru 1 berhasil merebut juara 1 dalam 7 cabang. Mereka adalah:
1.      Siti Farichah Nurkholisoh, siswa kelas 5B, dilatih oleh Bapak Arif Setiawan dan Bapak Kholis Syarifudin, menjadi Juara 1 lomba desain batik.
2.      Wahyu Afida Tiraiyati, siswa kelas 5B, dilatih oleh Ibu Rodiyah dan Ibu Istianah, menjadi Juara 1 lomba ketrampilan menganyam.
3.      Rita Ruwyastuti, siswa kelas 5B, dilatih oleh Ibu Nining Prastiwi dan Bapak Arif Setiawan, menjadi Juara 1 lomba cerita bergambar.
4.      Jolanda Rizqi Dwiyansyah, siswa kelas 3A, dilatih oleh Bapak Nurhadi dan Ibu Surat Wakingah, menjadi Juara 1 lomba cipta dan baca puisi.
5.      Riesa Zaulina El Umam, siswa kelas 5B, dilatih oleh Ibu Uun Wahyuni dan Ibu Arniyatul Mukaromah, menjadi Juara 1 lomba pidato.
6.      Desy Ana Rahmawati, siswa kelas 5B, dilatih oleh Ibu Uun Wahyuni dan Bapak Nurhadi, menjadi Juara 1 lomba pianika.
7.      M.Destu Bae Iza, siswa kelas 4, dan Didik Setiawan siswa kelas 3B, dilatih oleh Bapak Nurhadi dan Bapak Sarindi, menjadi Juara 1 lomba pantomim.
Sementara tim seni tari yang beranggotakan Syahrani Latifatul Nafi’ah, Safitri Nova Rahmawati, Shabrina Shivatun Nisa, (siswa kelas 4) serta Linda Noviasari dan Makrifatun Sholikhah (siswa kelas 3A), yang dilatih oleh Ibu Nining Prastiwi dan Ibu Diah Rochayati, menjadi Juara Harapan 1 lomba seni tari.

“Harapan kita, semoga prestasi tersebut dapat bermanfaat bagi para pemenang dan memotivasi teman-teman yang lain,” ujar Bapak Nurhadi, ketua Tim Kreatif Biru 1 dalam apel pagi di halaman sekolah.